Sabtu, 18 Juli 2009

Mengemudi dengan mata tertutup

Definisi : Anda bisa mengemudikan mobil dengan mata tertutup dengan selamat, tanpa mencederai apapun dan siapapun. Trik ini pernah dimainkan oleh Deddy Corbuzier beberapa waktu yang lalu. Saya menulis trik ini bukan untuk mendiskreditkan Deddy, karena saya tidak tahu apakah waktu itu Deddy bermain dengan menggunakan trik atau benar-benar menggunakan kekuatan pikiran.

Persiapan :
- Anda harus bisa mengendarai mobil.
- Hafalkan dengan cermat jalur yang akan anda tempuh selama show. Kendarai mobil anda melewati jalur tersebut berulang-ulang, hingga tubuh anda hapal.

Metode :

1. Menggunakan "Special Blindfold"
Yang dimaksud di sini adalah dengan menggunakan penutup mata (blindofold) tembus pandang. Contohnya adalah "X-Ray Blindfold" di bawah ini



Dalam penggunaannya, sang magician pertama kali menutupi matanya dengan lempengan besi, kemudian menutupnya lagi dengan Blindfold. Apabila lempengan besi dan penutup mata diperiksa secara terpisah, dipakai untuk menutupi mata, keduanya akan tampak seperti besi dan blindfold biasa. Pandangan kita akan tetap tertutup apabila mengenakan lempengan besi dan blindfold tersebut secara terpisah, namun apabila keduanya dikenakan secara bersamaan, barulah kita bisa melihat tembus pandang, seperti melihat melalui mesin rontgen. Berikut pernyataan pembuat "X-Ray Blindfold" ini :

"The blindfold is manufactured from solid metal. There are no pinholes
and it is not faked in any way. The X-Ray Blindfold may be thoroughly examined
by the audience, yet when the metal mask is placed over the mentalist's eyes, he
can see."

Setelah mengetahui fakta ini, trik mata tertutup yang dilakukan Deddy Corbuzier saat berkolaborasi dengan Limbad bisa dicurigai, karena mungkin penutup mata yang dikenakannya baru bereaksi dengan perban yang dililitkan di sekeliling kepala Deddy Corbuzier.

Penutup mata spesial ini bervariasi harganya, mulai dari puluhan dollar, hingga mencapai ribuan dollar, contohnya seperti yang bisa anda lihat di website berikut :

http://www.spookclub.com/product_info.php?cPath=25&products_id=1538&osCsid=27fca2e630589b6ad1f103ac2da22ded


2. Menghafalkan jalur kemudi
Seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa bulan sebelumnya sang magician telah ratusan kali menempuh jalur yang akan dilalui selama show. Tentu saja hal ini tidak dipublikasikan ke masyarakat. Karena sudah hafal jalurnya, sang magician akhirnya bisa mengemudi dengan mata tertutup. Biasanya magician yang memakai metode ini juga mengajak seorang artis sebagai penumpang, yang seolah-olah berperan sebagai reporter. Sang artis akan mengatakan "di depan lampu merah..." atau "ada orang menyeberangi jalan", dan sebagainya. Hal ini tentunya akan sangat mempermudah sang magician dalam mengemudi. Biasanya jalur mengemudi yang dipilih adalah jalan tol, karena treknya lebih mudah dihafalkan dan lebarnya cukup memadai.

3. Menggunakan GPS (Global Positioning System)
GPS adalah suatu peta jalan yang diproyeksikan melalui satelit. Selain mengirim informasi melalui gambar, GPS juga memberikan instruksi dalam bentuk suara. Informasi yang diberikan sangat mendetail, mulai dari traffic light, batas kecepatan maksimum, lebar jalan, jumlah tikungan, dan sebagainya. Ada pula GPS yang mampu mengambil alih kemudi (selama jalurnya ditentukan) sehingga sang magician cukup berakting seolah-olah ia sedang mengemudi. Di masa lalu, GPS masih merupakan barang langka sehingga sangat sedikit orang yang mengetahui informasi tentang alat ini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar